Thursday, November 13, 2008

Rupiah Kembali Liar

Pergerakan rupiah kembali liar hingga menyentuh Rp 12.000 per dolar AS karena pasar finansial global yang kembali bergejolak setelah bursa saham Wall Street kembali anjlok. Walaupun pada penutupan hari ini sedikit berbalik arah dan ditutup dilevel Rp 11.700 per dolar AS, atau melemah 200 poin dari penutupan sebelumnya Rp 11.500 per dolar AS.

Kekhawatiran ekonomi dunia yang terus memburuk membuat para pelaku pasar lebih aman untuk memegang dolar daripada rupiah yang diperkirakan akan terus melemah.

Tersedotnya likuiditas dolar dipasar global ke pasar AS membuat greenback terus menguat terhadap mata uang utama maupun dunia kecuali terhadap yen. Makin memburuknya krisis global mata uang Uncle Sam akan terus terapresiasi.

Untuk menutupi defisit anggaran AS yang mencapai US$ 438 miliar tahun 2008 dan diperkirakan akan terus meningkat tahun depan serta dana untuk bailout yang mencapai US$ 700 miliar memaksa Pemerintah AS akan menerbitkan obligasi yang sangat besar senilai US$ 500 miliar lebih untuk triwulan IV tahun ini.

Dolar pun akan kembali tersedot kembali ke AS membuat mata uang ini akan terus meroket.

No comments: